image1 image2 image3

HELLO I'M YUDIANTO|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M MUSLIM

9 Kesalahan ini Sering Dilakukan saat Proses Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP




Tahap seleksi administasi merupakan tahapan pertama yang harus dilalui bagi pelamar beasiswa LPDP. Seleksi pertama ini menjadi awal proses seleksi beasiswa LPDP setelah perjuangan untuk mengumpulkan dan mempersiapkan diri agar pelamar beasiswa memenuhi syarat yang ditentukan oleh LPDP. Keterangan umum mengenai LPDP dapat dilihat di website resmi di sini. Sedangkan untuk buku panduan beasiswa LPDP baik jalur reguler maupun jalur afirmasi bisa di unduh di sini.

Salam perjuangan bagi teman-teman yang sedang berjuang untuk meraih mimpi masing-masing, untuk bisa studi lanjut dengan beasiswa LPDP. Artikel ini saya persembahkan untuk kita semua yang sedang berjuang meraih mimpi. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk membagi apa yang kita punya, dan membantu sesama dengan cara apapun yang bisa kita lakukan. Saya pernah berbicara pada diri saya sendiri untuk menulis artikel tentang beasiswa ini ketika saya lolos. Semoga ini menjadi manfaat yang berkelanjutan.

Artikel ini mengulas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar beasiswa jenjang master yang kemungkinan menjadi penyebab belum lolos seleksi administrasi beasiswa LPDP. Beberapa hal yang saya tulis berikut ini adalah rangkuman dari berbagai sumber, baik dari artikel lain, hasil berbincang kepada penerima beasiswa LPDP (yang selanjutnya disebut Awardee) dan pengalaman pribadi yang alkhamdulillah sebagai salah satu awardee dan anggota keluarga besar beasiswa LPDP. Berikut ini merupakan hal-hal berikut yang biasanya menjadi kesalahan yang sering dilakukan dan kemungkinan hal yang menyebabkan belum lolos proses seleksi administrasi.


1. Kemampuan Bahasa Tidak Sesuai Persyaratan

Berapa skor IELTS/ TOEFL kamu ? Jalur LPDP yang mana yang kamu mau apply ? Berapa skor kemampuan bahasa yang disyaratkan LPDP melalui jalur yang kamu pilih ? Pertanyaan tersebut perlu kamu jawab dan koreksi diri kamu apakah kamu sudah memenuhi persyaratan atau belum. Persyaratan nilai sertifikat bahasa untuk mendaftar LPDP berbeda, tergantung jalur apa yang kamu pilih dan universitas mana yang menjadi tujuan kamu. Pastikan kamu memahami ini.

Sesuai panduan terbaru yang rilis periode 2017, untuk beasiswa lpdp jalur regular kemampuan yang disyaratkan untuk tujuan universitas dalam negeri adalah sebagai berikut:


Sedangkan untuk jalur afirmasi, dikarenakan terdapat beberapa jaur afirmasi, silakan dicermati dalam buku panduan ya, bisa di download DI SINI.


Kesalahan yang terjadi adalah pelamar beasiswa memiliki kemampuan bahasa yang berada di bawah persyaratan. Jika kamu ingin apply beasiswa master luar negeri dengan jalur reguler dan skor IELTS kamu masih 5.0 ya jangan mendaftar dulu, dipastikan tidak akan lolos seleksi administrasi. Begitu pula dengan yang lainnya, pastikan sesuai persyaratan. Jika belum sesuai dengan apa yang disyaratkan maka lebih baik tingkatkan kemampuan bahasa kamu dan apply pada periode selanjutnya.


2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Berapa IPK kamu ? Berapa IPK yang menjadi syarat sesuai dengan jalur beasiswa LPDP yang kamu akan apply ? Hal ini sama dengan kemampuan bahasa. Setiap jalur LPDP memiliki persyaratan IPK yang berbeda. Misalnya untuk jalur regular, IPK yang menjadi persyaratan LPDP minimal adalah 3.0 dalam skala 4. Sedangkan untuk pelamar pada jalur afirmasi, persyaratan ini berbeda lagi. Untuk beasiswa afirmasi kelompok masyarakat dari daerah perbatasan/ daerah tetinggal IPK yang disyaratkan minimum adalah 2.75 dalam skala 4, Afirmasi alumni bidik misi atau kelompok masyarakat miskin berprestasi, syarat IPK nya adalah 3.50. Beasiswa afirmasi prestasi nasional atau internasional IPK 2.75. Detail lainnya bisa dilihat dalam buku panduan beasiswa afirmasi dari link yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Artinya, jika kamu ingin mendaftar jalur regular dan IPK kamu masih 2,78 maka dipastikan kamu tidak akan lolos seleksi administrasi, dan begitu pula yang lainnya. Pastikan syarat IPK ini sesuai dengan apa jalur yang akan kamu pilih untuk mendaftar beasiswa LPDP. Kalaupun LPDP meloloskan pelamar yang ternyata syarat ini di bawah persyaratan, pastinya LPDP melihat ada potensi lain yang ada pada diri pelamar. Kasus seperti ini menjadi kebijakan tersendiri pihak LPDP.

3. Surat Pernyataan Tidak Sesuai

Format surat pernyataan terlampir pada buku panduan beasiswa LPDP. Ikutilah formatnya dan jangan ada penambahan atau pengurangan. Jangan lupa untuk tanda tangan di atas materai 6000. Surat pernyataan ini nantinya akan dikumpul kepada panitia ketika lolos seleksi administrasi dan menuju seleksi tahap subtantif. Surat pernyataan ini dikumpul pada saat verifikasi berkas yang merupakan salah satu tahapan pada seleksi substansi. Sekali lagi jangan lupa untuk tanda tangan di atas materai dan surat yang di unggah harus sama dengan surat pernyataan yang nantinya dikumpul pada saat seleksi selanjutnya.

4. Surat Keterangan Berbadan Sehat

Salah satu persyaratan lainnya adalah pelamar beasiswa harus memiliki surat berbadan sehat, surat bebas narkoba dan surat bebas TBC. Untuk tujuan universitas dalam negeri syarat yang dibutuhkan hanyalah surat keterangan berbadan sehat dan surat keterangan bebas narkoba. Sedangkan untuk tujuan luar negeri, selain surat keterangan berbadan sehat dan surat bebas narkoba, ditambah lagi surat keterangan bebas TBC. Sehingga jika ingin mendaftar universitas dalam negeri hanya membutuhkan 2 buah surat keterangan dan kalau ingin melamar beasiswa luar negeri totalnya ada 3 surat (ditambah surat keterangan bebas TBC). Ingat ! surat yang dimaksud harus didapatkan dari rumah sakit pemerintah. Selain rumah sakit pemerintah maka tidak diperbolehkan. 

5. Pastikan Tujuan Universitas

Jurusan dan universitas tujuanmu harus kamu tentukan dengan sangat matang. Mau kemanakah kamu ? Dalam negeri ? Luar negeri ? Jurusanmu apa ? Pastikan pertanyaan tersebut terjawab dengan tegas dan yakin.

Aturan LPDP mulai tahun 2016 diperketat. Pada saat mengisi form online pendaftaran, jika kamu memilih universitas dalam negeri, dan apabila nantinya kamu lolos sampai tahap akhir, kamu tidak diperkenankan untuk pindah universitas ke luar negeri. Jadi pastikan dengan mantap universitas tujuan kamu. Kemungkinan perpindahan universitas yang masih diperbolehkan adalah perpindahan universitas di luar negeri ke universitas luar negeri lainnya atau perpindahan universitas dalam negeri ke universitas dalam negeri lainnya, itupun dengan syarat-syarat yang ketat dan rumit. Untuk kasus perpindahan universitas dari luar negeri ke dalam negeri saya belum pernah mendengar beritanya. Jadi pastikan dengan mantap universitas tujuanmu.

6. LoA Bukan Menjadi Keharusan

Letter of Acceptance atau Letter of Offer atau surat penerimaan universitas atau sebutan lainnya bukan merupakan syarat wajib. Jika kamu ingin mendaftar beasiswa LPDP namun kamu belum memiliki LoA maka tetap diperolehkan. Namun yang harus menjadi pertimbanganmu adalah pastikan kalau kamu akan mendapatkan LoA di universitas tujuanmu, pastikan kamu telah masuk persyaratan untuk mendaftar dan bisa diterima di universitas tujuanmu. Kumpulkan informasi sebanyak banyaknya tentang persyaratan universitas dan pastikan kamu masuk dalam persyaratan itu.

Beberapa yang menjadi kesalahan adalah banyak pelamar yang mempunyai pemikiran kalau harus mempunyai LoA dahulu sebelum mendaftar LPDP. Ini tidak sepenuhnya benar. LoA merupakan keharusan sebagai bukti ketika kita diterima di universitas tujuan kita. Namun bukan keharusan saat mendaftar beasiswa LPDP. Jika disederhanakan, ada dua pilihan proses pendaftaran beasiswa LPDP. Pertama, kita belum ememiliki LoA dan mendaftar beasiswa dulu atau yang kedua kita mencari LoA dulu baru mendaftar beasiswanya. Keduanya bisa kita lakukan dan tidak ada yang salah dengan keduanya. Sekali lagi, LoA baik yang masih Conditional atau Unconditional bukanlah syarat wajib pendaftaran beasiswa LPDP. Bagi yang belum memiliki LoA dan telah lolos seleksi wawancara, pihak LPDP memberikan waktu satu tahun untuk mendapatkan LoA Unconditional terhitung dari pengumuman lolos seleksi wawancara dan tanggal SK kelulusan untuk jalur reguler. Sedangkan untuk jalur Afirmasi, waktu satu tahun tersebut dihitung sejak selesainya pengayaan bahasa jika pelamar yang lolos diharuskan mengikuti pengayaan bahasa.

7. Pastikan Intake Perkuliahan Minimal 6 Bulan Setelah Penutupan Pendaftaran

Sudah menjadi persyaratan, untuk jalur reguler, bahwa perkuliahan kamu harus dimulai paling cepat 6 bulan setelah waktu penutupan pendaftaran periode seleksi terkait. Sedangkan untuk jalur afirmasi yang harus menjalai pengayaan bahasa, perkuliahan dimulai pada waktu selanjutnya setelah pengayaan bahasa selesai dan mendapatkan LoA Unconditional. Pada jalur afirmasi, LPDP memberikan waktu satu tahun untuk mendapatkan LoA Unconditional terhitung setelah selesai melakukan pengayaan bahasa seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Setelah nantinya kamu diputuskan lolos wawancara, ada berbagai kegiatan yang harus dilakukan sebelum memulai kuliah, salah satunya adalah Program Keberangkatan (PK). Pastikan rentang waktu lulus wawancara sampai intake perkuliahan mencukupi untuk melakukan kegiatan yang diselenggarakan LPDP tersebut.

8. Kelengkapan Berkas Lain yang Tidak Lengkap dan Tidak Sesuai Format

Berkas harus lengkap sesuai dengan yang menjadi persyaratan. Kelengkapan berkas untuk mendaftar dijelaskan secara rinci pada buku panduan beasiswa, yang bisa di unduh dalam link yang saya sebutkan sebelumnya. Pastikan semua berkas yang menjadi persyaratan lengkap dan memenuhi syarat. Begitu pula beberapa berkas yang harus sesuai format LPDP, misalnya surat rekomendasi, essay, rencana studi, surat pernyataan dan sebagainya. 

9. Cek Lagi Pengisian Formulir Online dan Selesaikan Jauh-jauh Hari Sebelum Batas Akhir Pendaftaran

Akhirnya setelah semua hal tersebut disiapkan saatnya isikan mengenai diri kamu di laman pendaftaran online LPDP. Buat akun online di sini dan isikan biodatamu. Saran yang saya sampaikan adalah mulailah mengisi form online jauh-jauh hari. Form online ini dapat disimpan setiap saat sehingga kamu tidak perlu mengisi form online ini sekali waktu. Pengalaman saya 7 hari sebelum batas submit formulir, laman pendaftaran LPDP sudah tidak bisa diakses karena mungkin terlalu banyak yang mengakses website ini. Selesaikan isian form online pendaftaran kamu paling tidak 2 minggu sebelum batas akhir pendaftaran dan cek, cek ,cek, cek ,cek dan lagi-lagi cek sebelum klik submit. Karena sekali kamu klik sumbit formulir, kamu sudah tidak bisa lagi mengedit formulir kamu.

Kesalahan sistem sangat mungkin terjadi. Ketika kita merasa telah mengisi form atau menulis biodata dengan benar bisa saja terjadi kesalahan yang disebabkan oleh sistem atau koneksi yang kurang bersahabat. Intinya cek lagi sebelum upload dokumen dan cek lagi sebelum menuju langkah selanjutnya. Kesimpulannya ketika semua berkas lengkap dan konten berkas sesuai panduan serta memenuhi persyaratan maka sangat besar kemungkinannya kamu akan lolos seleksi administrasi.


---------------------------------------------------------------------------------------------

Apa yang saya tulis adalah apa yang saya tahu. Jika ada kesalahan, koreksi, masukan, atau saran tambahan mari kita koreksi bersama dan jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui komentar di bawah atau melalui email saya. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin dan berusaha dengan sungguh-sungguh sesuai apa yang kita bisa. Jangan lupa meminta doa kedua orang tua dan orang-orang di sekeliling kita. Usaha maksimal yang diakhiri dengan doa yang khusyuk dan bersungguh-sungguh adalah hal yang bisa kita lakukan. Semoga apapun yang kita lakukan menjadi barokah dan ilmu yang bermanfaat. 



"Let’s do the best and let God do the rest


Aan Yudianto
Awardee Candidate of Indonesia Endowment Fund for Education (LPDP) Batch 1 2016



Share this:

CONVERSATION

93 comments:

  1. Hallo mas. Makasih sharingnya, sangat berguna. Kebetulan saya mau mendaftar LPDP.

    Ada satu hal yang ingin saya tanyakan terkait dengan syarat kemampuan bahasa. Saya baru saja tes TOEFL dengan target skor > 550 (karena tujuan ke luar negeri). Tapi ternyata skor saya masih sedikit dibawah target. Saya kecewa, tapi kemudian saya baca di persyaratan LPDP, ada pernyataan begini:

    c. Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan.


    Kebetulan saya lulus dari program studi internasional di Indonesia, dengan ijazah dan gelar berbahasa Inggris.

    Pertanyaannya, apakah benar saya tetap berpeluang dengan memanfaatkan poin itu?

    Mohon tanggapannya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bangkoor,

      Iya sesuai panduan memang dijelaskan demikian. Jadi sertifikat TOEFL atau sejenisnya dapat digantikan ketika pelamar yang menyelesaikan pendidikan tinggi menggunakan pengantar akademik Bahasa Inggris. Jika memang Prodi Internasional yang Mas Bangkoor selesaikan menggunakan bahasa pengantar akademik Bahasa Inggris memang kemungkinan bisa. Ijazah dan bukti Bahasa Pengantar Akademik Banasa Inggris harap disertakan.

      Jawaban saya berdasarkan apa yang saya ketahui. Saya tidak bisa menjamin apakah memang benar-benar bisa atau ada persyaratan tambahan. Agar yakin dan jelas, silakan menanyakan langsung pada pihak LPDP di Call Center 1500652 atau kirim email ke cso.lpdp@kemenkeu.go.id .

      Semoga pertanyaannya terjawab.
      Terimakasih.

      Hapus
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 082352406469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali, alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi berlanjut ke seleksi substansi, ada kah kiat atau strategi untuk menghadapi seleksi sunstansi? Kira kira kesalahan apa saja yang sering terjadi ketika seleksi substansi? Terimakasih infonya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Sani,
      Selamat telah lolos seleksi administrasi. Maaf ya, Next time saya akan publish untuk topik seleksi subtansi ya, ada beberapa sumber atau blog awardee lain tentang ini. Good luck untuk aplikasinya.

      Hapus
  3. Hi Mas..
    Saya mau tanya..
    Surat pernyataannya yang diisi itu Perguruan tinggi saat S1 atau tujuan S2?
    Mohon bantuannya.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Gemapol,

      Sorry for my very late responding. Surat pernyataan yang diisi sudah tersedia formatnya dalam buku panduan beasiswa. Pernyataan untuk studi tujuan kamu, bisa Master bisa Doctoral.

      Good luck ya.

      Hapus
  4. Hai mas,,
    Mau tanya...saya sudah dapat LOA unconditional. tapi saya ga punya sertifikat tes bahasa, karena barusan saya cari-cari tempat tes udah pada tutup dan penuh semua. Apakah nanti pas daftar online masih dipertanyakan nilai TOEFL? akankah saya tidak dapat lolos seleksi administratif jika saya tidak mengisi kolom tersebut. Saya belum berani daftar karena syarat belum terkumpul semua. jadi saya belum lihat kolom2 pengisian formulir.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Rena,

      Sertifikat bahasa bisa digantikan dengan adanya Surat Penerimaan Perguruan Tinggi Tanpa Syarat atau LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuanmu. Sesuai dengan yang dijelaskan di panduan, kalau sudah memiliki LoA Unconditional syarat IELTS atau TOEFL tidak digunakan lagi. Untuk lebih jelasnya silakan hubungi CSO LPDP dengan kontak yang tersedia di panduan ya.

      Iya, silakan melengkapi persyaratan yang belum lengkap.

      Good luck ya aplikasinya

      Hapus
    2. Mbak rena, mohon update mbak rena jadi masukkan nilai toefl atau tanpa toefl?? Apa mbak lulus seleks administrasi??

      Hapus
    3. selamat sore.

      saya masukan beasiswa afirmasi daerag tertinggal.
      sy bingung nilai toefl yang di akui lpdp itu yang mana ya ? masalahnya di tempat sy tidak ada tempat tes toefl. terimakasih

      Hapus
  5. Surat pernyataan saya, tidak tepat berada di atas tanda tangan materai? Bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Gabriel.

      Maksudnya bagaimana ya ? Kalau surat pernyataan yang salah, bisa membuat lagi sebelum di submit.

      Semoga terjawab. Good luck.

      Hapus
  6. Maaf mas, saya sudah ada bukti sudah lolos tahap prodi untuk s2 (berupa transkrip nilai dan bukti lolos seleksi prodi), namun jika ingin masuk s2 hanya tinggal mengikuti UM dan melengkapi berkas saja. Tapi saya belum mengikuti um. Jadi apa bukti lolos prodi tersebut bisa dijadikan LoA conditional?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Dinar,
      Yang dijadikan syarat pendaftaran berupa surat penerimaan tanpa syarat atau LoA Unconditional. Jika masih dengan syarat seperti yg kamu tulis di komentar belum bisa dijadikan salah satu syarat pendaftaran.

      Sepengetahuan saya itu tetap belum Unconditional, artinya velum secara resmi diterima.

      Semoga terjawab. Semoga beruntung.

      Hapus
    2. maksud saya Conditional mas, bukan unconditional.
      apa itu tidak termasuk dalam LoA conditional ?

      Hapus
  7. Maaf mas, maksud saya traskrip dan pernyataan lulusnya bisa jadi LoA Conditional mas, bukan unconditional.
    apa itu tidak termasuk dalam LoA conditional ?

    BalasHapus
  8. Informasi yg sangat membantu mas Aan Yudianto. terimakasih banyak.
    Saya berencana apply beasiswa LPDP afirmasi tahun ini dengan kampus tujuan luar negri, point yg ingin saya tanyakan adalah tentang "pengayaan bahasa". apakah awardee dengan skor TOEFL diatas 550 termasuk diikutkan dalam program pengayaan bahasa???
    terimakasih banyak Mas Aan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello,

      Pengayaan bahasa diperuntukkan bagi teman teman yang nilai toefl masih di bawah 550 atau ielts belum mencapai 6.5.

      Jadi jika nilai toefl sudah di atas 550 tidak mendapatkan pengayaan bahasa.

      Ini aturan yang diberlakukan sejak batch 1 2016 kemarin. Jika kedepan ada perubahan, berarti menyesuaikan.

      Good luck.

      Hapus
  9. Termasuk conditional mas?
    walau itu pernyataan dari prodi bukan univ, tapi bisa dikatakan LoA conditional?
    kalau iya, berarti saya bisa memilih loa conditional saat mendaftar di web?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau case nya seperti ini coba ditanyakan ke CSO LPDP saja. Nomor telefon atau email ada di buku panduan.

      Semoga terbantu.

      Hapus
  10. halo, saya lulus seleksi administrasi dan akan wawancara lpdp afirmasi. Saya memiliki nilai toefl itp pas-pasaan hanya 427, jadi saya tidak di berikan sertifikat tapi hanya kertas nilai. pengaruh gak ya sewaktu pengecekan berkas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Melati,

      Kamu daftar afirmasi ? Tidak masalah. Ada teman saya dulu hanya dapat Score Report (kertas kecil sebesar kuitansi) tanpa sertifikat nya dan itu tidak masalah. Pastikan di bawa ya.

      Hapus
  11. Halo mas mau tanya untuk afirmasi bisa gak ya pake TOEFL PBT? terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Arki,

      Sesuai panduan, disebutkan "Untuk studi program magister di dalam negeri maupun luar
      negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 400"
      Akan lebih pasti jika kamu sebaiknya mengikuti apa yang dijelaskan di panduan. Namun, jika memang memiliki TOEFL PBT lebih baik ditanyakan langsung ke CSO LPDP, kontak ada di panduan. Mohon maaf, untuk kepastian jawaban dari pertanyaan Arki saya kurang tahu, untuk pertanyaan ini langsung hubungi CSO yaa,

      semoga terjawab

      Hapus
  12. Klw tdk bkr. Srt izin atasannya dr mn?

    Sedangkn klw dikosongin dokumen yg itunya. Tdk bs submit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Husni,

      "Klw tdk bkr" maksudnya bagaimana ya ? Apakah maksudnya "Kalau tidak bekerja" ?
      Setahu saya surat izin atasan ini opsional, jika memang belum bekerja maka tidak perlu dilampirkan. Saya dulu saat daftar tidak memakai surat ini dan tetap bisa submit. Pastikan statusmu sebelumnya diisi "belum bekerja".
      Jika masih bermasalah, silakan hubungi CSO LPDP ya, kontak ada di panduan.

      Good luck

      Hapus
  13. Maaf mas lembaga bahasa untuk toefl itp nya itu lembaga apa saja yg direkomendasikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. TOEFL ITP yang disyaratkan adalah tes resmi Internasional dari ETS (lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat TOEFL). Menurut saya semua lembaga sama, karena soal dan prosedur sudah di standarkan satu dengan yang lainnya. Silakan pilih yang menurut kamu paling nyaman dan dari kebanyakan teman temanmu mengambil tempat tes terbanyak, di sekitar tempat tinggal kamu.

      Semoga beruntung.

      Hapus
  14. mas, saya mau nanya
    kemaren saya daftar LPDPnya untuk tahap III, kebetulan hari itu adalah hari terakhir untuk submit data pada tahap III...waktu itu saya memilih jadwal perkuliahan awal januari 2017...............ternyata saya mengalami kesulitan ketika submit data, dan saya malahan terdaftar menjadi calon peserta pada tahan IV LPDP...apakah nantinya pemilihan jadwal perkuliahan tersebut menjadi masalah untuk saya ketika wawancara itu mas? mohon wejangannya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nike,

      Selisih waktu perkuliahan dengan batas akhir penutupan seleksi administrasi diharuskan minimal selama 6 bulan. JIka itu memang kesalahan teknis, dan kamu sudah lolos administrasi, maka yang perlu kamu jelaskan ke pewawancara adalah kamu ceritakan itu sejujurnya. Menurut saya, kamu lebih baik mengatakan kalau kamu akan defer ke periode intake perkuliahan selanjutnya.

      Good luck ya, semoga tidak menjadi masalah.

      Hapus
  15. Selamat Pagi Mas Aan,

    Untuk mendaftar LPDP luar negeri, universitas yang tidak terdaftar di list universitas tujuan LPDP bisakah diusulkan?
    Terimakasih

    BalasHapus
  16. Hello Dino,

    Untuk proses pendaftaran awal, sepanjang yang saya pahami tidak bisa. Karena kamu harus memilih univ yang sesuai dengan database yang ada di list LPDP, pilihan sudah disediakan. Namun jika kamu ingin mendaftar di Univ di luar list, kamu bisa mengajukannya nanti setelah kamu dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa dengan berbagai prosedur yang akan kamu ketahui setelah kamu lulus wawancara.

    Jadi, saran saya untuk pendaftaran pertama, kamu memilih sesuai dengan list yang disediakan, kamu bisa mengusulkan setelah lolos tahap wawancara.

    Semgoga terjawab ya, wishing you tons of luck!

    BalasHapus
  17. Pagi Mas,

    Saya mau nanya.. disitu kan ada keterangan surat SKCK, tanda sehat dan lain2.. itu sebaiknya dipersiapkan sebelum mendaftar LPDP atau setelah lulus tes administrasi LPDP ya?

    Lalu apakah benar mulai tahun ini Essay akan menggunakan bahasa inggris?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Fungus,

      SKCK, surat sehat dll HARUS disiapkan sevelum mendaftar lpdp karena ini persyaratan wajib yg harus kamu punya sebelum mendaftar. Jika dokumen itu tidak ada, bisa dipastikan kamu tidak akan lolos seleksi administrasi karena berkasmu tidak lengkap.

      Ada 3 jenis essay: Essay sukses terbesar, essay kontribusi bagi indo, dan On The Spot Essay Writing. Mulai tahun 2016 batch 1, untuk tujuan univ luar negeri jenis essay yg ketiga (on the spot essay writing) harus menggunakan bahasa inggris, sedangkan untuk tujuan univ dalam negeri masih menggunakan bahasa Indonesia. Untuk tahun 2017,sejak komentar ini ditulis, belum ada panduan terbaru tentang itu. Kabarnya lpdp sedang menyusun panduan terbaru mulai periode 1 th 2017 ini. Ditunggu dengan sabar ya. Persiapkan saja kemungkinan terburuk.

      Semoga terjawab.

      Hapus
    2. Tambahan, khusus untuk SKCK bisa kamu siapkan setelah seleksi administrasi, karena SKCK ini bukan dokumen yg wajib di upload (sejak komentar ini ditulis). Namun lebih baik kamu persiapkan sekalian

      Hapus
  18. Hai kak, salam kenal. Big thanks for shared. Senang karena kakak menyatakan diri as "who loved to share". Semoga jadi amal jariyah. aamiin. Mau tanya kak, seberapa penting prestasi publikasi bagi pendaftar beasiswa LPDP? apakah yg belum punya prestasi publikasi lebih baik mengurungkan niat dulu untuk mendaftar? apakah setiap awardee (mungkin rata2 teman kakak) punya prestasi publikasi? hehe kegalauan bagi saya yang sering gagal dalam seleksi LKTI. Waiting for answers. Thanks kak.

    BalasHapus
  19. Hello Enie,

    Aamiin.
    Sampai sekarang saya pun tidak tahu bagaimana teknis penilaian LPDP terhadap poin prestasi tersebut.
    Publikasi penting sekali, jika itulah yg membuat kamu prominent diantara applicant yg lain. Tapi, banyak juga yg belum mempunyai publikasi namun diterima.
    Saya pikir 8 dari 10 orang teman teman awardee memang memiliki publikasi, mulai dari karya tulus ilmiah hingga journal dan proceeding.
    Saya juga dulu sering gagal di seleksi karya tulis. Yg jelas yg harus kamu lakukan adalah evaluasi, perbaiki dan coba lagi. Jika kamu masih gagal, berarti Allah ingin lihat seberapa besar kesungguhan kamu untuk tidak menyerah. Yakinlah pasti akan ada saatnya kamu akan berhasil.

    Yg perlu kamu ketahui, lpdp tidak hanya sekedar melihat prestasi kamu saja, namun juga tentang kepribadian dan sosialmu.

    Siapa tahu jika belum di coba kan. Wishing best of luck for your application.

    Semoga terjawab.

    BalasHapus
  20. Permisi mas Aan saya mau tanya IPK saya 3,27 masih bisa ikut reguler KH mas karena ada beberapa laman saya baca bila mendaftar di reguler minimal IPK 3,50 mas terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Dedy,

      Laman manakah yang kamu baca? Halaman website atau blog boleh menjadi referensi tambahan, namun tetap yang menjadi referensi utama adalah buku panduan LPDP terbaru, yang bisa kamu download di website resmi LPDP http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/

      Jika kamu akan melamar program magister, syarat IPK sekurang kurangnya adalah 3,0 pada skala 4. Jika kamu mau mendaftar program doktoral, IPK minimal 3,25 pada skala 4. Detail tentang ini ada di halaman 5 buku panduan LPDP REGULER terbaru (versi Februari 2017). Download dan baca dengan teliti ya.

      Semoga terjawab. Semoga aplikasinya sukses.

      Hapus
  21. Terimakasih pencerahannya nya mas

    BalasHapus
  22. HALLO MAS. MOHON SOLUSI, PADASAAN PENGISIAN DATA BAHASA ASING, KO PADA KOLOM NO SERTIFIKAT TDK DAPAT DIISI, OHON SOLUSI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, untuk kesalahan teknis seperti ini silakan langsung menghubungi CSO lpdp di cso.lpdp@kemenkeu.go.id

      semoga lekas terselesaikan

      Hapus
  23. Halo Hasad,

    Mohon maaf sekali, untuk permasalahan teknis semacam itu, silakan langsung hubungi CSO LPDP ya, kontak detail ada di panduan.

    Pastikan koneksi internetmu lancar dan menggunakan up-to-date browser ya.

    Semoga lekas tersolusikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas,maaf aku nyelip dsini
      Mengenai pendaftaran online saya salh menginput tahun lahir,apa masih bisa diedit mas?makasih

      Hapus
  24. terimakasih atas sharingnya kak, sangat membantu sekali
    begini kak, saya lulusan s1 farmasi dan telah lulus sebagai apoteker. ijazah yang harus saya lampirkan apakah hanya ijazah s1 atau dengan ijazah apoteker juga? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Myuu,

      Jika mengacu pada panduan, ijazah yg digunakan untuk mendaftar adalah ijazah D4,S1 atau S2. Apakah ijazah apoteker termasuk D4?

      Saya sebenernya juga kurang yakin kalau untuk kasus ini. Untuk lebih pastinya silakan menghubungi cso.lpdp@kemenkeu.go.id ya

      Semoga terjawab. Terimakasih

      Hapus
    2. Iya terimakasih pencerahannya kak

      Hapus
    3. Sama Saya Myuu Yeppo. Good luck !

      Hapus
  25. Untuk tes toefl itp bisa dilakukan lemabaga mana aja ya mas??terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes Toefl ITP harus dilakukan di lembaga resmi penyedia toefl ITP seperti iON, ELTI atau lembaga bahasa di Universitas, contohnya kalau di UI namanya LBI UI, kalau di UNY ada lembaga namanya LPPMP UNY.

      Disesuaikan dengan tempat tinggal kamu ya. Pastikan tes toefl nya nanti bersertifikat dari ETS (ets.org)

      Semoga terjawab. Good luck

      Hapus
    2. Thank you for sharing.
      Kak mau tanya.. Surat pernyataan beasiswa afirmasi poim 2 dan 8 sama persis, yakni bunyinya "selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia", trus diulangi lagi di no. 8. Apakah dicantumkan seperti yg tertera pada formatnya? Terimakasih

      Hapus
    3. Thank you for sharing.
      Kak mau tanya.. Surat pernyataan beasiswa afirmasi poim 2 dan 8 sama persis, yakni bunyinya "selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia", trus diulangi lagi di no. 8. Apakah dicantumkan seperti yg tertera pada formatnya? Terimakasih

      Hapus
    4. Hello Haris,

      Buku panduan adalah format acuan kita, jadi ikuti saja sama persis dengan yang ada di panduanya. Terkait itu kesalahan atau yang lain, saya pikir tidak begitu krusial asalkan tidak merubah isinya.
      Atau kalau memang masih ragu, silakan hubungi CSO LPDP di cso.lpdp@kemenkeu.go.id untuk lebih pastinya ya.

      Good luck aplikasinya

      Semoga terjawab

      Hapus
    5. Terimakasih banyak kak atas penjelasannya. Sangat membantu.

      Hapus
  26. informasi yg sangat membantu sekali..
    ka mau tanya saya ipk cuma 3.18 mau daftar beasiswa s2 lpdp ke luar negeri.. mohon tipsnya ka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Dwi ratna,

      Kamu bisa mendaftar beasiswa LPDP jalur reguler karena IPK yang disyaratkan adalah 3.00.

      Atau jika kamu memenuhi persyaratan beasiswa LPDP Afirmasi, kamu bisa mendaftar melalui jalur afirmasi daerah 3T (syarat IPK minimal 2.75) atau melalui jalur afirmasi prestasi nasional/internasional (syarat IPK 2.75).

      Untuk lebih jelasnya silakan download panduan beasiswa LPDP afirmasi dan Reguler di http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/ yaa...

      Semoga terjawab. Semoga beruntung.

      Hapus
  27. Salam kenal mas Aan. Saya Thara. Saya ingin mengambil jurusan master of education di luar negeri tapi belum punya LOA. Ada beberapa univ yg menjadi target saya di jurusan tsb. Lalu sebaiknya saya nanti membuat essay tentang rencana studi nya bagaimana ya? Soalnya setau saya di rencana studi harus dijelaskan mata kuliah yg ingin diambil di jurusan dan univ tertentu. Kan saya belum pasti diterima dimana karena belum ada LOA. Terimakasih banyak atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Thara,

      Pilih salah satu universitas yang paling menjadi prioritasmu dan yang paling besar peluangnya untuk kamu diterima serta kamu eligible dengan semua persyaratan pendaftaran univ itu. Satu Univ pilihan kamu inilah yang selanjutnya kamu tulis di essay kamu.

      Essay rencana studi di sini bersifat rencana kamu kedepan. In case misalnya tidak diterima kamu masih bisa mengajukan pindah Univ nanti setelah kamu diterima jadi awardee LPDP. Jangan khawatir, tentukan pilihan univ terbaikmu.

      Semoga terjawab. Semoga beruntung!

      Hapus
  28. mas.. saya mau nanya.. saya telah mendaftar LPDP, bahan saya belum lengkap karena belum lengkap belum saya Submit pertanyaannya Apakah Bahan yang saya simpan ini bisa dipakai pada pendaftaran selanjutnya.. terutama Apakah Essay saya masih berlaku

    BalasHapus
  29. Hello Ali.

    Bisa, selama masih belum di submit.

    BalasHapus
  30. Asslm
    Mas Aan salam kenal
    Sya mau tanya niy sya rncana mau daftar LPDP jalur afirmasi 3T untuk univ luar negeri ... Kira2 apa yg harus pertama sya lakukan apakah saya tes toefl dulu dan harus minimal 500atau gmn... Mohon pencerahannya mas.... Makasih yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Andy,
      Sebelum mendaftar, silakan baca buku panduan LPDP, apakah semua persyaratan sudah masuk? Terutama sertifikat bahasa. Kalau belum mencapai skor minimal, belajarlah dulu dan pastikan kamu sudah mempunyai sertifikat bahasa sesuai syarat minimal sebelum kamu mendaftar. Begitu pula dengan syarat lain. Pastikan sesuai persyaratan dulu sebelum submit dokumen pendaftaran. Good luck ya

      Hapus
  31. Halo mass. Maaf ni saya masih bingung dengan pendaftaran beasiswa luar negeri apakah ijajah dan transkip nilai harus memakai bahasa inggris? Thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Zanty,

      Apakah yg kamu maksud beasiswa LPDP? Atau beasiswa yg lain?
      Jika LPDP ijazah dan transkrip tidak perlu di translate, meskipun tujuan luar negeri.

      Translate ijazah diperlukan nanti saat mendaftar ke Universitasnya.

      Semoga terjawab

      Hapus
  32. Halo mas, mau tanya nih. Kalau persyaratan pendaftaran beasiswa lpdp untuk luar negeri tahun ini apakah harus pakai IELTS atau TOEFL IBT? kalau pakai TOEFL ITP bisa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dwiki,

      Untuk tahun ini, jika kamu mendaftar untuk program reguler, TOEFL ITP tidak diperbolehkan bagi tujuan universitas luar negeri. Sertifikasi yang diperbolehkan untuk tujuan luar negeri adalah TOEFL iBT® 80/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 800 jika pendaftar tidak memiliki LoA Unconditional.

      TOEFL ITP masih diperbolehkan untuk tujuan luar negeri hanya untuk pendaftar jalur AFIRMASI.
      Sudah baca buku panduan beasiswa LPDP? silakan download di http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/ untuk lebih jelasnya yaa.

      Good luck

      Hapus
  33. Halo, saya mau nanya tentang LoA dari Univ Luar Negeri. Saya niat buat LoA sebelum daftar lpdp nah Univ Luar Negeri minta saya buat kirim bukti surat sponsor (lpdp) terus caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello,

      Bukti surat sponsor hanya bisa didapatkan jika kamu telah resmi menjadi awardee LPDP. Prosedurnya akan dijelaskan jika kamu sudah lolos seleksi beasiswa. Jika belum, kamu tidak bisa meminta surat sponsor.

      Good luck ya

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Halo Mas Aan, terima kasih sudah berbagi infonya. Kalo boleh tanya, pemilihan jurusan dengan bidang prioritas atau non-prioritas itu apakah berpengaruh signifikan pada keputusan pihak LPDP? Lalu misalkan saya mendaftarkan diri untuk University XYZ dengan program Akuntansi (bidang prioritas) lalu setelah diterima LPDP saya ternyata diterima di University XYZ tetap di program Technology Management (bidang non-prioritas) apakah hal semacam ini diperbolehkan oleh LPDP (Pindah bidang bukan pindah Universitas tujuan)? Terima kasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Edwin,

      Tentang keputusan, mohon maaf saya kurang tahu karena itu sudah menjadi masalah internal dan pandangan dari masing masing reviewer. Yang jelas, bidang prioritas inilah yang lebih dicari leh LPDP dari pada bidang yang bukan menjadi prioritas, tentu jika memilih bidang prioritas, maka akan diprioritaskan juga untuk diterima.

      Perpindahan universitas ataupun jurusan/bidang bisa kamu lakukan nanti ketika kamu telah diterima, namun jika kamu ingin pindah di bidang/jurusan yang berbeda, kamu harus menyebutkan alasanmu secara kuat, yang nanti keputusan diperbolehkan atau tidaknya kamu pindah bidang/jurusan ini tergantung pandangan dari hasil review atasan LPDP.

      Jadi keputusan diperbolehkan atau tidaknya tergantung alasan kamu dan hasil pandangan pejabat LPDP yang menilai alasan kamu. Bisa diperbolehkan, bisa juga tidak tergantung alasan kamu.

      Semoga terjawab. Good luck ya

      Hapus
  36. Assalamualaikum.. terimakasih mas atas infonya,, ada beberapa pertanyaan di benak saya.. Kebetulan pengetahuan saya mengenai lpdp masih minim.. izin bertanya mas,,
    1. Mnrt mas yg perlu dilakukan pertamakali apakah kita sebaiknya memiliki LoA atau lulus LPDP dlu ??
    2. Apakah lpdp mrupakan program penyaluran pemerintah ke berbagai perguruan tinggi luar negeri atau hanya sekedar pemberian bantuan beasiswa saja ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Aldyka,
      1. Yang pertama atau yang kedua bisa dilakukan,sama saja,sama sama baik. Jika kondisimu sudah mampu mendapatkan LoA, silakan cari loA dulu. Jika kamu mau mwncari beasiswa dulu, silakan. Sama saja dua duanya. Hanya saja jika sudah mendapat LoA, kamu sudah dinilai kesiapannya sudah baik. Saya sendiri mendapatkan beasiswa dulu sebelum LoA.
      2. Lpdp adalah lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa. Untuk perguruan tinggi nya kita cari sendiri.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  37. Hello Kak,
    Perkenalkan,saya Nia. Thank you info nya kak. Very useful.
    Btw, mau tanya sesuatu kak. Dalam pengisian form LPDP, apakah semua pengalaman organisasi yg kita punya mesti ditulis? Atau yg ada sertifikatnya saja?
    Terima kasih sebelumnya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciao Rinia,

      Saya sarankan silakan ditulis semua organisasi, prestasi, dan kegiataan volunteer yang dapat dibuktikan. Bukti bisa berupa sertifikat, surat keterangan atau sejenisnya.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  38. Saya kemaren masukin formulir pendaftaran tapi saya salah ketik tanggal lahir di ijazah nya ...untuk di ubah ngak bisa lagi gimana yaa solusi nya ...apa harus buat surat pernyataan dan kalo pakai surat pernyataan gimana cara buat nya ...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Aan,

      Saat nanti kamu sudah lolos, kamu akan bisa update biodata terbaru kamu.
      Kalaupun nanti dipermasalahkan, kamu bis amenerangkan kalau itu kesalahan input data.

      Jadi jangan khawatir. Semoga terjawab. Good luck

      Hapus
  39. Halo kak,
    Terima kasih informasinya sangat membantu.
    Maaf mau tanya, apakah batas minimal IPK untuk mendaftar beasiswa LPDP untuk lulusan semua universitas sama?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Krida,

      Apakah universitas yang kamu maksud adalah antara universitas Negeri dan Swasta? Sudah ada buku panduan? jika belum silakan download di http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/

      Berdasarkan buku panduan beasiswa lpdp reguler halaman file 5,tidak ada perbedaan untuk IPK dari universitas negeri ataupun swasta. Sedangkan yang membedakan persyaratan minimal IPK adalah jalur beasiswa LPDP yang kamu daftar, yaitu berbeda antara reguler dan jenis afirmasi. Untuk detailnya bisa kamu cermati di buku panduan yang kamu bisa download di link tersebut yaa.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  40. HALO MAS, SAYA MAU TANYA. SAYA MAU MENDAFTAR BEASISWA LPDP JUGA, DAN SAYA SUDAH SAMPE PROSES UPLOAD DOKUMEN, TAPI TIAP KALI MAU UPLOAD SELALU GAGAL. SAYA MAKLUM KALO MISAL SIZE-NYA TERLALU BESAR ATAU FORMAT NYA SALAH. TAPI INI UDAH BENAR. KIRA-KIRA ADA PENJELASANNY GAK MAS ??
    MOHON BANTUAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Siti,

      Saat terjadi Error seharusnya akan muncul pemberitahuan bagian mana/penyebab kenapa terjadi Error. Misal ada kolom yang harusnya diisi tapi belum terisi secara benar, terdapat simbol yang tidak terbaca dan lain lain. Coba dicermati lagi penyebab erornya berdasarkan pemberitahuan yang muncul ya. Atau bisa jadi karena werver sedang tidak stabil. Coba lagi setelah beberapa jam.

      Maaf karena masalah teknis seperti ini saya tidak bisa memberikan bantuan lebih selain saran. Good luck ya

      Hapus
    2. Terimakasih mas atas jawabannya
      Saya mau bertanya lagi, saya Kan ingin mengundur tahun in take Saya karena Saya kmarin salah mengisi, untuk mengubahnya bagaimana caranya ya mas ? Karena Saya sudah mencari tapi tidak Ada. Apakah beasiswanya harus dibatalkan terlebih dahulu baru kemudian mendaftarkan diri kembali ?
      Terimakasih atas informasinya

      Hapus
    3. Halo, maaf baru membalas. untuk hal ini silakan langsung email LPDP ya. Good luck

      Hapus
  41. hey kak, I've few silly questions.
    1.Apa kita bisa ketik sendiri format Surat Rekomendasi tapi disamakan dengan format di booklet? Saya rencana akan daftar lpdp tahun ini dan berhubung kampus-kerja jauh jadi mau sekalian minta SR ke Professor di kampus, sedangkan format untuk 2018 belum keluar, tapi setelah saya lihat dari tahun-tahun sebelumnya format tetap sama.
    2. Kalau kita ada SR dari ex supervisor di LN apa boleh surat rekomendasi pakai bhs Inggris?
    3. Ada beberapa contoh yang saya lihat kalau SR ditulis tangan, apa boleh diketik saja?

    thanks in advance

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Amanda,

      1. Iya silakan diketik sendiri asalkan formanya sama. Setahu saya tidak apa apa. Tapi sekarang silakan cek lagi untuk format terbaru. Buku panduan pendaftaran beasiswa lpdp 2018 sudah bisa di akses di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
      2. Untuk ini silakan ditanyakan langsung ke LPDP ya, saya kurang tau
      3. Boleh diketik atau ditulis tangan setahu saya. Saya dulu ada satu rekomendasi yang ditulis tangan dan satu yang lain diketik

      Good luck ya

      Hapus
  42. Salam mas. Sya pendaftar lpdp 2018. Apa masih dapat d terima tdk yah kalau Skor Toefl 427 dalam negeri dan affirmasi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Zahra,
      Bisa. Silakan baca buku oanduan yang bisa di download di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ yaaa, Semoga lolos LPDP.

      Hapus
  43. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  44. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  45. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus